Tips Agar Pengajuan Pinjaman Anda di Bank Mudah Disetujui

Posted by Ayied Muhammad Riduan on 9:10 AM in
Meminjam uang sekarang ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih cepat dan mudah. Anda bisa mengadakan temu janji dengan marketing penyedia pinjaman di rumah Anda ataupun di kantor dan tempat lainnya. Selain itu Anda juga bisa mengajukan permohonan kredit dengan lebih mudah secara online. Meski begitu, kemudahan dalam mengajukan permohonan kredit sering tak diimbangi dengan kemudahan mendapatkan persetujuan kredit dari penyedia kredit. Tak jarang seseorang yang mengajukan kredit bisa langsung ditolak hanya dalam hitungan jam saja sehingga harus mencari kredit di tempat lain.

Tips Pengajuan Pinjaman di Bank

Jika saat ini Anda sedang mencari kredit untuk kebutuhan mendesak dan tak ingin menghabiskan waktu mengajukan permohonan yang nantinya hanya akan ditolak, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk lebih memastikan bahwa pengajuan kredit Anda akan berhasil:

Perhatikan persyaratan.
Perhatikan syarat-syarat yang diminta oleh pihak bank, misalnya usia Anda, penghasilan minimal, bukti penghasilan dan sebagainya. Misalnya bank meminta Anda untuk memberikan salinan slip gaji 3 bulan terakhir, maka ketiga jumlah gaji yang Anda terima di bulan-bulan tersebut melebihi gaji minimal yang diharuskan. Begitu juga untuk syarat buku rekening, harus ada pemasukan yang sesuai dengan penghasilan minimal.

Perhatikan riwayat kredit.
Mengambil pinjaman di perbankan atau di tempat lain yang tergabung dalam OJK, maka Anda harus siap dengan riwayat kredit yang bersih. Bersih di sini adalah tidak sedang terlibat kredit macet yang akan terlihat di SLIK Anda. Untuk mengetahuinya, sebelum mengajukan kredit, sebaiknya Anda mendatangi kantor OJK daerah untuk mendapatkan SLIK atas nama Anda. Dengan begitu Anda bisa melihat riwayat kredit yang sedang dijalani dan apakah ada daftar kredit yang sekiranya akan memberatkan. Jika ada, maka lakukan pemutihan dengan cara membayar tunggakan kredit yang ada di SLIK.

Beri informasi yang benar.
Sebelum bank memberikan persetujuan atau penolakan, Anda akan melalui proses survey untuk mencocokkan data yang diberikan dengan kenyataan. Karenanya, hanya berikan data yang sebenarnya kepada bank termasuk dimana Anda bekerja, jabatan, penghasilan, alamat rumah, status kepemilikan rumah, tanggungan dan sebagainya. Dengan begitu saat dilakukan survey tidak perlu ada yang Anda takutkan sehingga semuanya lancar.

Tempat usaha.
Jika Anda adalah seorang wirausaha, penting untuk menunjukkan tempat usaha yang dimiliki sehingga penyedia kredit bisa memantau sumber penghasilan Anda.

Itulah tips yang perlu Anda lakukan agar pengajuan pinjaman Anda lebih mudah disetujui oleh bank. Bank juga akan melihat besarnya kredit yang sudah Anda miliki di tempat lain untuk menilai apakah Anda masih layak untuk memiliki kewajiban lainnya. Jika sudah keluar keputusan kredit disetujui, lakukan pembayaran sesuai dengan waktunya agar tidak ada riwayat buruk di daftar kredit Anda.