Manfaat yang Dirasakan Pengguna Cloud Storage

Posted by Ayied Muhammad Riduan on 12:03 AM in
Cloud storage atau penyimpanan awan merupakan suatu inovasi di era revolusi industri 4.0. Sebuah inovasi di bidang teknologi dalam mempermudah penyimpanan file di ranah internet. Anda bisa mengamankan dan membagi file-file melalui media internet. Bagi yang ingin atau yang sudah punya akun di salah satu penyedia cloud storage, di bawah ini beberapa manfaat yang di rasakan.

Manfaat Cloud Storage

1. Kemudahan berbagi
Berbagi link file tidak hanya berlaku di dunia perfilman dingin saja. Di dunia penyimpanan awan juga. Jika di perlu untuk di bagi misalnya dalam tim, maka anda dapat membagi link satu file saja atau folder.

2. Mem-backup kenangan
File-file anda seperti foto, video, dokumen, dsb. merupakan harta yang paling berharga setelah keluarga. Maka hendaklah di selamatkan untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Misal, laptop anda di curi oleh teman satu kampus. Kan kurang ajar banget, sudah isinya foto-foto pacar anda (apalagi foto-fotonya dapat memicu adrenalin), habis itu pacar anda dipelet oleh teman anda yang mencuri laptop anda.

3. Mengamankan file-file rahasia
Manfaat yang paling terasa ialah urusan aman mengamankan. Di mana sudah di jelaskan sebelumnya jika di media penyimpanan fisik sangat rentan akan kerusakan dan kehilangan lumayan tinggi. Apalagi yang koleksi rahasianya banyak. Juga menyimpan di penyimpanan fisik untuk resiko terkuaknya rahasia anda sangat tinggi.

Walaupun sudah di sembunyikan, seringkali muncul jika antivirus tiba-tiba scan penyimpanan anda.

Hal ini tidak akan terjadi pada penyimpanan awan. Selama username dan password yang di gunakan tidak bocor ke tangan yang salah, rahasia anda aman. Beberapa vendor ada yang memfasilitasi dengan memberi password pada folder anda. Sehingga rahasia anda dengan mantan bisa di tutup rapat-rapat

4. Mempermudah akses dari berbagai media
Penulis sendiri turut merasakannya. Jujur saja, penulis sendiri pelupa orangnya. Terkadang sudah bagus buat presentasi/laporan di rumah, pas mau lanjut lagi di kampus kelupaan bawa filenya. Kan repot juga balik ke rumah cuma buat ambil file tugas doang.

Salah satu teknologi yang di gunakan pada sebuah layanan cloud storage ialah Auto-sync. Jadi, kamu cukup siapkan satu folder yang di set di aplikasi cloud storage yang ada di device kamu misal di komputer. Terus, file tersebut kamu simpan di folder tersebut. Selama ada koneksi internet dan tidak bikin kamu sensi, file tersebut sudah bisa di akses dari device lain misal kamu lihat di smartphone atau komputer lain.

5. Menghindari kerusakan file di media fisik
Salah satu kelemahan media penyimpanan fisik ialah rentan akan kerusakan. Hal ini di sebabkan oleh proses penulisan file yang belum selesai, di rusak oleh virus, dan lainnya.

Di media penyimpanan awan, hal itu tidak akan terjadi karena file di simpan di komputer lain melalui koneksi internet. Kegagalan yang paling mungkin ialah masalah di koneksi internet. Apalagi di indonesia. Yah you know lah.